5P dan 7P Pada Bauran Pemasaran


Apa Itu Bauran Pemasaran?

Dalam memasarkan suatu produk atau jasa yang akan kita produksi dalam suatu perusahaan,diperlukan adanya suatu bauran pemasaran atau dengan istilah kata lain yaitu marketing mix.Pengertiaan dari bauran pemasaran adalah suatu strategi penjualan atau promosi serta penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk pasar yang akan ditujukan.

1.) 5P
      Apa itu 5P? Mungkin kata ini masih asing kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Nah 5P itu merupakan suatu taktik marketing yang dapat dgunakan dalam kombinasi yang berbeda – beda agar dapat memenangkan hati klien dalam suatu target market. 5P ini dapat kita kontrol tergantung pada kondisi internal dan eksternalnya. Oleh karena itu mari kita bahas satu per satu dari 5P tersebut.
 1. Product (Produk)
     Product ini mengacu pada apa yang akan di jual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan didapatkan oleh klien.Saat memasarkan produk , pikirkan fitur kunci dan kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh klien.Kita dapat menggunakan research and development untuk menginfokan perkembangan baru dari produk.
2. Price (Harga)
    Price berhubungan dengan strategi harga produk dan servis dan bagaimana itu akan mempengaruhi konsumen. Dalam hal ini kita harus mengidentifikasikan seberapa besar klien/konsumen akan membayar produk yang dipasarkan, margin profit dan metode pembayaran, juga biaya lainnya.Untuk menarik pelanggan dan memenangkan kompetisi,kita sepertinya juga harus mempertimbangkan kemungkinan memberikan diskon.
3. Promotion (Promosi)
    Promosi merupakan aktivitas yang patut digunakan untuk menarik konsumen/klien seperti menampilkan iklan, taktik penjualan, promosi, serta melakukan penjualan langsung. Secara umum kegiatan ini disebut sebagai taktik marketing.
4. Place (Tempat)
    Place adalah dimana produk atau servis  akan dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Akses konsumen/klien menuju ke produk atau servis suatu perusahaan adalah kunci utama dan sangat penting untuk memastikan konsumen/klien dapat menemukan kita dengan mudah.
 Jika kita baru memulai bisnis, menemukan lokasi bisnis yang tepat adalah kunci utama taktik marketing anda.
5. People (SDM)
     Taktik marketing ini dapat mengacu pada staf dan salesman yang bekerja untuk bisnis suatu perusahaan, termasuk diri kita sendiri. Saat kita menyediakan customer service yang unggul, kita telah membangun pengalaman positif untuk para konsumen/klien, dan secara tidak langsung kita juga telah menjual produk kita kepada klien/konsumen. Sebagai balasan, klien yang ada akan menyebarluaskan servis unggul  dan menjalankan program referral kita.

2.) 7P
      Bauran pemasaran pertama kali dipopulerkan oleh Mc charty (Kotler 2000) dengan sebutan 4P yang terdiri dari Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan Promotion (Promosi). Disamping itu,Zeithaml dan Bitner dalam buku Marketing Service (2000) menyatakan bahwa Bauran pemasaran jasa membutuhkan bauran pemasaran tradisional (4P) yang diperluas dengan unsur- unsur bauran pemasaran jasa yaitu People (orang), Proces (proses) dan Physical Evidence (bukti fisik). Ketiga hal ini saling berkaitan dengan sifat jasa dimana tahapan operasi hingga konsumsi merupakan suatau rangkaian yang tidak dapat dipisahkan serta mengikut sertakan konsumen.
1. Product (The Services)
 Menurut Kotler (2000: 12), produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan, atau dikonsumsi, yang dapat memuaskan keinginan serta kebutuhan. Setiap perusahaan dalam meningkatkan volume penjualannya dan bagian pasar sasaran, perlu mengadakan usaha penyempurnaan dan perubahan produk kearah yang lebih baik, sehingga dapat memberikan daya tarik, keunikan, daya guna, dan tingkat kepuasan yang lebih kepada konsumen.
2. Price (Harga)
Penetapan harga merupakan suatu hal penting memasarkan suatu produk yang kita produksi. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan.
3. Place (Lokasi/Tempat)
Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya investasi tempat menjadi semakin mahal. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi bangunan dapat  menjadi persyaratan yang memberikan kenyamanan. Semakin strategis lokasi usaha tersebut, maka akan semakin menarik minat konsumen untuk membeli produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.
4. Promotion (Promosi)
Dalam hal ini promosi merupakan suatu aktivitas yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan kegiatan promosi antara lain :
• Menarik serta mengidentifikasi konsumen baru.
• Mengkomunikasikan produk baru yang dibuat.
• Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas.
5. People (SDM)
 People merupakan aset utama dalam industri jasa , terlebih lagi  yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan pengetahuan yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. 
6. Process
 Menyangkut kepada mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

7. Physical Evidence
Merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter . Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. 

Demikian penjelasan singkat dari bauran pemasaran mengenai 5P dan 7P.Semoga dapat bermanfaat,bila ada kesalah dalam kata serta informasi kiranya mohon dimaafkan. Terimakasih :)




Referensi :
https://karinov.co.id/pengertian-bauran-pemasaran-7p/ ( diakses 8 November 2018 pukul 21.15 )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Produksi Pocari Sweat

Rasio Keuangan

PDB,Struktur ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia